English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Sukses! Laboratorium Oseanografi dan Instrumentasi Kelautan Memperkenalkan Implementasi Manajemen Laboratorium Berbasis SNI ISO/IEC 17025:2017

Palembang, 11 – 12 September 2023

Laboratorium Oseanografi dan Instrumentasi Kelautan FMIPA UNSRI telah sukses melaksanakan Pelatihan Manajemen Laboratorium berbasis SNI ISO/IEC 17025:2017 pada tanggal 11-12 September 2023. Acara ini diikuti oleh lebih dari 40 peserta yang masing-masing mewakili laboratorium di Jurusan Ilmu Kelautan FMIPA UNSRI.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Prof. Hermansyah, S.Si., Ph.D selaku Dekan FMIPA UNSRI yang didampingi oleh Gusti Diansyah, S.Pi., M.Sc selaku Kepala Laboratorium Oseanografi dan Instrumentasi Kelautan. Pelatihan ini dibawakan oleh pemateri di bidangnya masing-masing. Dr. Suheryanto, M.Si, adalah pemateri pertama yang menjelaskan tentang pemahaman manajemen laboratorium, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di laboratorium, Overview SNI ISO/IEC 17025:2017, Persyaratan Umum (klausul 4) dan Persyaratan Struktural (klausul 5).

Pemateri kedua Yuniar, M.Sc. yang memberikan materi tentang Pengelolaan Alat Laboratorium dan Persyaratan Proses (klausul 7). Pemateri ketiga Siti Nuraini, M.Si yang memberikan materi tentang Pengelolaan Bahan Laboratorium dan Persyaratan Sumberdaya (klausul 6).

Pemateri keempat Zainal Fanani, M.Si, membahas tentang Sistem Dokumentasi Laboratorium dan Persyaratan Proses (klausul 8). Pelatihan ini membekali peserta untuk menerapkan sistem manajemen laboratorium yang sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017.

Acara ini diakhiri dengan pemberian sertifikat apresiasi kepada para pemateri yang telah memberikan ilmu bermanfaat kepada para peserta pelatihan. Laboratorium Oseanografi dan Instrumentasi Kelautan FMIPA UNSRI telah menunjukkan dedikasinya dalam menjaga kualitas dan integritas data yang dihasilkan oleh laboratorium. Diharapkan kegiatan ini akan memberikan dampak yang menguntungkan bagi kualitas layanan laboratorium dan hasil penelitian di masa mendatang.