English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Sukses!! Acara SICBAS 2023

Perkembangan ilmu pengetahuan terutama di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) sangat dipengaruhi oleh banyaknya penelitian di bidang tersebut. Peluang dan tantangan penelitian di bidang MIPA akan terjawab dengan adanya komunikasi ilmiah antar peneliti sehingga diharapkan terjalinnya suatu kerjasama antar peneliti. Konferensi ilmiah merupakan salah satu wadah untuk mempertemukan para peneliti di bidang MIPA. SICBAS (Sriwijaya International Conference on Basic and Applied Sciences) telah diselenggarakan Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya untuk yang ke-3 kalinya. Tema SICBAS 3 adalah Research Challenges in Mathematics and Science for Sustainable Development. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid pada hari Jumat, 3 November 2023 bertempat di Redwood Ballroom, Hotel Beston, Palembang. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tempat para peneliti berkomunikasi secara ilmiah.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua Pelaksana SICBAS 3, Dr, Fitri Maya Puspita, MSc dan dilanjutkan sambutan Dekan FMIPA, Prof. Hermansyah Msi, Ph.D. Pembukaan SICBAS 3 dilakukan oleh Rektor Universitas Sriwijaya yang diwakili oleh WR 4, Prof. Dr. Ir. Muhammad Said, MSc. Peserta yang terdaftar dalam konferensi ini berjumlah 95 user dengan 51 abstrak diterima dan dipresentasikan oleh masing-masing presenter.

Pembicara kunci pada SICBAS 3 ini adalah Prof. Dr. Dede Juhana, Dekan FMIPA Universitas Indonesia yang memaparkan mengenai Micromagnetic Study of The Domain Structure and Domain-Wall Dynamics in Ferromagnetic Using Micromagnetic Simulation. Pembicara kedua adalah Prof. Dr. Che Abd. Rahim Mohammed dari Universiti Kebangsaan Malaysia dengan judul presentasi Hypoxic Zone in Marine Environment : Bad or Good. Prof. Drs. Dedi Rohendi, MT, PhD dari FMIPA Universitas Sriwijaya memaparkan penelitiaannya yang berjudul Utilization of Membran Electrode Assembly (MEA) for Fuel Cell and Electrolysis Processes sebagai pembicara kunci ketiga. Ketiga pembicara kunci tersebut hadir secara offline. Satu pembicara kunci lain yaitu Prof. Dr. Yeong yik Sung dari Universiti Malaysia Terengganu menyampaikan paparan secara online yang berjudul Heat Shock Protein : A Potential Alternative for Diseases Control in Aquatic Organism. Paparan para pembicara kunci dipandu oleh moderator Dr. Eng. Bijak R. Ahadito, M.Eng.

Sesi paralel setelah paparan para pembicara kunci terbagi menjadi 4 ruang dan berjalan secara hybrid menampilkan paparan para invited speaker pada bidang masing-masing. Ruang 1 yang ditempati para peneliti bidang matematika dan aplikasinya mengundang 2 pembicara tamu dari Universiteit Uthrect, Belanda yaitu Prof. Karma Dajani dan University of Leeds, Inggris yaitu Prof. Charles Taylor. Bidang Fisika dan aplikasinya mengundang Prof. Dr. Rudi Irawan, Dipl. Geotherm, MSc di Ruang 2, sedangkan bidang kimia dan aplikasinya memaparkan penelitian Dr. Yossie Andriani HS dari Universiti Malaysia Terengganu di ruang 3. Bidang Biologi, Kelautan dan Lingkungan berada di ruang 4 dengan pembicara tamu Ganies Riza Aristya, MSc., Ph.D dari Universitas Gadjah Mada. Setelah pemaparan pembicara tamu maka para peserta seminar secara bergiliran memaparkan penelitiannya dan artikel ilmiah akan dipublikasi dalam Proceeding EAI.

Penutupan SICBAS 3 dilakukan pada sore harinya dengan pemberian sertifikat bagi moderator dan para presenter terbaik dari masing-masing ruang. Presenter terbaik bidang matematika adalah Nella Cornelya, bidang fisika yaitu Melenia Tambunan, bidang Kimia yaitu Irena Francina Kelly Kamal dan bidang Biologi, kelautan dan Lingkungan adalah Gusti Diansyah, Msi.