English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

FMIPA UNSRI dan BMKG Gelar Literasi Perubahan Iklim dan Kualitas Udara

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sriwijaya (UNSRI) bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyelenggarakan kegiatan Literasi Perubahan Iklim dan Kualitas Udara pada hari Selasa, 27 Februari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mahasiswa tentang perubahan iklim dan kualitas udara, serta mendorong aksi nyata dalam adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNSRI, Prof. Dr. Eng. Ir. Joni Arliansyah, MT., mewakili Rektor UNSRI. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya edukasi tentang perubahan iklim dan kualitas udara bagi generasi muda, khususnya mahasiswa.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dr. Ardhasena Sopaheluwakan, Deputi Bidang Klimatologi BMKG dan juga pejabat BMKG Palembang.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, pakar perubahan iklim dari Universitas Sriwijaya, Supari, M.Sc., PhD, Koordinator Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG, dan Siswanto, M.Sc., PhD, Koordinator Bidang Diseminasi Infromasi Iklim dan Kualitas Udara

Prof. Iskhaq Iskandar memaparkan materi tentang perkembangan sains perubahan iklim. Supari, M.Sc., PhD menjelaskan tentang proyeksi perubahan iklim. Sementara itu, Siswanto, M.Sc., PhD, memaparkan informasi tentang adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Acara ini juga diisi dengan paparan informasi mini project terkait aksi nyata yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim. Kegiatan Literasi Perubahan Iklim dan Kualitas Udara ini diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa dari berbagai jurusan di FMIPA UNSRI, yaitu jurusan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Ilmu Kelautan.

Diharapkan dengan kegiatan ini, mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan kesadarannya tentang perubahan iklim dan kualitas udara, serta terdorong untuk melakukan aksi nyata dalam adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim.