English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Bangun Ketertarikan Siswa di Sumsel, FMIPA Unsri Gelar Pesta Sains 2019

Indralaya (26/08/2019) – Sebanyak 181 siswa dari SMA di Sumsel, mengikuti kompetisi Pesta Sains 2019 Sriwijaya, di Gedung Student Centre kampus Universitas Sriwijaya Indralaya, Senin (26/8/2019). Mereka datang dari berbagai sekolah yang berasal dari 6 kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Dalam kompetisi tersebut, para peserta dibagi menjadi 4 kategori yakni Kimia, Fisika, Biologi dan Matematika. Mereka dituntut mengerjakan jenis soal Pilihan Ganda, Numerik, Sebab-Akibat dan Bahasa Inggris.

FMIPA Unsri. Namun, kompetisi Pesta Sains 2019 ini menjadi kali pertama yang digelar oleh FMIPA.

“Ke depan mudah-mudahan akan jadi agenda rutin tahunan,” ujarnya saat diwawancarai di sela pelaksanaan lomba.

Ia mengatakan, kompetisi ini juga menjadi ajang latihan bagi para siswa untuk dapat menembus seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Sebab pada dasarnya, soal yang diracik bersama dengan salah satu lembaga kursus di Indralaya ini sedikit mirip tingkat kesulitannya dibandingkan dengan yang ada di soal seleksi.

Tidak hanya itu, para siswa diharapkan dapst tertarik dengan Fakultas MIPA yang ada di Unsri ini. Sehingga nantinya, mereka dapat tertarik untuk mendaftar menjadi mahasiswa di Fakultas tersebut.

Ke depan, pihaknya akan mengubah sistem kompetisi yang sedikit berbeda dari saat ini. Yakni, dengan cara diadu antar jawara Pesta Sains tingkat kabupaten/kota.

“Jadi akan digelar di tiap kabupaten dan kota dulu, para juaranya baru dikumpulkan di sini,” jelasnya. (mg5)

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Bangun Ketertarikan Siswa di Sumsel, FMIPA Unsri Gelar Pesta Sains 2019, https://palembang.tribunnews.com/2019/08/26/bangun-ketertarikan-siswa-di-sumsel-fmipa-unsri-gelar-pesta-sains-2019.
Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Budi Darmawan