English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Seminar Pemantapan PKM Fakultas MIPA

Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam  (Mipa) Universitas Sriwijaya menyelenggarakan Seminar Pemantapan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tingkat fakultas, Rabu (25/10/2017). Acara yang diselenggarakan di Ruang Rapat Dekanat Lantai 3 Fakultas MIPA tersebut di buka langsung oleh Dekan, Prof. Iskhaq Iskandar, M.Sc. Hadir dalam acara tersebut Dr. Fauziyah, S.Pi selaku Wakil Dekan III, Dra. Hj. Eny Fitriyani, M.Si selaku Kasubag Kemahasiswaan dan Singgih Tri Wardana, S.Si. M.Si. selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Pembicara dalam seminar pemantapan tersebut diantaranya Prof. Dr. Siti Herlinda, M.Si., Zainal Fanani, S.Si, M.Si. dan Dr. Rozirwan, S.Pi, M.Sc. Antusiasme  terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dan hampir memenuhi ruang acara. Peserta merupakan delegasi dari jurusan yang ada di Fakultas Mipa, diantaranya Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ilmu Kelautan dan Farmasi.

Siti Herlinda meyampaikan materi tentang strategi atau kiat-kiat untuk lolos dalam PKM dan arahan untuk PKM penelitian. Zainal Fanani menyampaikan materi tentang format baru PKM dan juga arahan untuk PKM kewirausahaan. Dan rozirwan menyampaikan tentang panduan untuk mendaftar dan arahan untuk PKM pengabdian.

Selain materi yang diberikan oleh pembicara, para peserta juga bisa langsung berkonsultasi dengan para pemateri tantang PKM. Untuk diketuahui, bahwa Fakultas Mipa termasuk fakultas yang aktif mengirimkan mahasiswanya dalam program tersebut.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 yang merupakan integrasi dan sekaligus metaforfosis dari berbagai jenis kompetisi mahasiswa bidang penalaran atau karya ilmiah yang ada saat itu. PKM terdiri atas 2 kategori besar yaitu 5 bidang PKM yang berbasis proposal, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Kategori kedua adalah PKM yang berbasis artikel ilmiah yaitu PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM- Gagasan Tertulis (PKM-GT). Mulai tahun 2016 PKM dikelola di bawah Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (@chn)