English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Pelatihan Public Mahasiswa Fakultas MIPA

Berbicara di depan umum adalah suatu hal dasar yang dilakukan oleh seseorang baik dalam kegiatan formal maupun informal. Namun kesuksesan berbicara di depan umum sangat tergantung pada kepercayaan diri. Kepercayaan diri adalah salah satu softskill yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir. Hal ini didukung oleh Fakultas MIPA dengan menyelenggarakan Pelatihan Public Speaking yang telah dilaksanakan pada Kamis, 26 Oktober 2017. Acara berlangsung di Ruang Rapat Lt.3 Gedung Dekanat FMIPA Unsri Indralaya. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Iskhaq Iskandar, Ph.D dan Wakil Dekan III Dr. Fauziyah, S.Pi terlibat langsung mengawasi jalannya pelatihan tersebut.

Pelatihan public speaking ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi satu diisi oleh Dr. Dra. Rita Indrawati, M.Pd dan Novi Rustiana Dewi, M.Si dengan tema “Meningkatkan Performa Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja”. Tema ini membahas tentang melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa tampil di depan umum terutama saat presentasi dan melakukan wawancara kerja. Kegiatan berlangsung sangat atraktif terlihat dari peserta yang aktif mengajukan pertanyaan dan diskusi kepada narasumber.

 

Sesi kedua diisi oleh Dr. Muhammad Hendri, M.Si dan M. Rifqi Zarkasyi, S.Kel dengan tema “Teknik Penyampaian Ide Kreatif Melalui Karya”. Sesi ini menghadirkan akademisi dan praktisi yang memberikan tips dan trik tentang menuangkan ide menjadi suatu karya yang dapat dinikmati semua orang. Pada sesi ini kegiatan berjalan sangat menarik dengan adanya interaksi langsung antara peserta dan narasumber. Diharapkan setelah peserta mengikuti rangkaian pelatihan ini peserta dapat mengetahui cara meningkatkan interpersonal skill dan kreatifitas agar dapat diimplementasikan pada saat memasuki dunia kerja. (@chn)