English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

MERAIH PRESTASI DI BUMI MELAYU DELI

Tiga orang Mahasiswa FMIPA Universitas Sriwijaya menjadi delegasi perwakilan FMIPA Universitas Sriwijaya, Tim yang terdiri atas Nadila, Rama Dania, Mail Maulana Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNSRI berhasil meraih juara 1 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dalam rangka memeriahkan Seminar Nasional Silvikultur VII dan Kongres Masyarakat Silvikultur VI. Lomba KTI ini diadakan di Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara, dimana ada 5 finalis besar yang telah dipilih dari seleksi full paper diantaranya 2 Fakultas dari Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Padang dan Universitas Sriwijaya.

Dalam rangka event besar Seminar Nasional Silvikultur VII & Kongrest Masyarakat Silvikultur VI Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara Tingkat Nasional memberi tema “KEHUTANAN DAN LINGKUNGAN HIDUP” 

Dan dengan Subtema :
•Hasil hutan non kayu
•Sistem perencanaan dan pemetaan hutan pengelolaan kehutanan lingkungan hidup 
•Konservasi sumberdaya hutan
•Jasa lingkungan dan ekowisata
•Silvikultur
•Agroforestry

Tim memberi Judul Karya Tulis Ilmiahnya “Nugget Dengan Gizi Tinggi dari Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) di Hutan dan Bekicot Sawah (Pilla Ampulacea)” dengan sub tema Hasil Hutan Non Kayu. Judul ini terinspirasi karena jamur tiram di hutan sangat berlimpah dan sangat mudah dibudidayakan sehingga tim berinoveasi membuat olahan jamur tiram menjadi makanan yang bergizi namun disukai oleh berbagai kalangan usia dari yang termuda hingga tertua yaitu olahan makanan berupa nugget. Tetapi tidak disebut nugget jika di dalamya tidak ada daging. Daging yang di gunakan disini adalah bekicot sawah yang memiliki protein dan mineral yang tinggi. Kenapa bekicot sawah? Karena indonesia adalah negara agraris dan bekicot sawah ini tersedia di seluruh wilayah indonesia sehingga pengolahan dan bahannya cukup mudah di dapatkan. Namun memiliki nilai gizi yang sangat luar biasa yang tidak kalah dengan daging-daging lain.

Ucapan Terima Kasih Kepada :

  1. Kemahasiswaan yang telah mendanai keberangkatan tim senusil
  2. Dr. Arum Setiawan, S.Si., M.Si. (Ketua Jurusan Biologi)
  3. Dr. Elisa Nurnawati, S.Si., M.Si. (Sekretaris Jurusan Biologi)