English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Laboratorium Komputasi Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya mengadakan Webinar Internasional

Pada era digital yang semakin maju ini, kebutuhan akan pemanfaatan teknologi dalam penelitian semakin mendesak. Para mahasiswa dihadapkan pada tantangan untuk dapat menguasai alat-alat berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dapat mendukung dan meningkatkan kualitas penelitian mereka. Oleh karena itu, menyajikanLaboratorium Komputasi FMIPA Universitas Sriwijaya mengadakan Webinar Internasional yang bertajuk Knowledge Transfer Program dengan topik “AI Tools for Research” sebagai rangkaian kegiatan Series FMIPA-Sciences talk 2024.

kegiatan Series FMIPA-Sciences ini dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2024 dan menghadirkan narasumber berkelas internasional, Assoc Prof. Dr. Deshinta Arrova Dewi dari Fakultas Data Science dan Teknologi Informasi Universitas INTI Internasional University, Malaysia. Kegiatan ini merupakan bagian pertama dari series “FMIPA-Science Talk” yang diadakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya.

Acara ini diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan peneliti dari berbagai Universitas Sriwijaya, Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhamadiyah Palembang, serta Universitas Jambi. Partisipasi yang tinggi ini menunjukkan antusiasme dan kebutuhan yang besar terhadap topik yang dibahas.

Rangkaian kegiatan webinar ini dimulai dengan laporan dari ketua pelaksana, Dr. Anita Desiani, S. Si., M. Kom, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sriwijaya Dr. Dian Cahyawati Sukanda, S. Si., M. Si dan dilanjutkan oleh Dekan FMIPA Prof. Hermansyah, M. Si., Ph. D. Rangkaian selanjutnya yaitu presentasi utama oleh Assoc Prof. Dr. Deshinta Arrova Dewi yang membahas berbagai aplikasi AI dalam penelitian. Setelah itu, sesi tanya jawab interaktif memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi langsung dengan narasumber. Webinar ditutup dengan pemaparan ringkasan dan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.