English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Jurusan Biologi Mendominasi Seleksi Pilmapres Tingkat Fakultas MIPA

Indralaya, (21/02/2018), Pemilihan mahasiswa berprestasi (pilmapres) tingkat Fakultas MIPA dilakukan dalam rangka untuk mempersiapkan satu orang mahasiswa yang mewakili fakultas dalam Pilmapres tingkat Universitas Sriwijaya.  Tahap presentasi dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Dekanat Lantai III pada Selasa, 20 Februari 2018, diikuti oleh 14 orang peserta. Acara seleksi tersebut dibuka langsung oleh dekan Fakultas MIPA, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc. dan didampingi Wakil Dekan III, Dr. Fauziyah.

Dalam sambutannya, Iskhaq menyampaikan pesan kepada seluruh peserta pilmapres untuk tidak menjadikan prestasi apapun sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai terminal antara. Karena prestasi yang dijadikan sebagai terminal, maka anda akan cepat berpuas diri. Tapi kalau sebagai terminal antara untuk perjalanan panjang nantinya, maka anda terus berusaha untuk meraih prestasi terbaik, ujarnya. Ajang pilmapres, menurut Dosen Fisika tersebut tidak hanya dibutuhkan kemampuan menulis, tetapi juga kemampuan lisan. Dalam penutup sambutannya, Iskhaq berpesan supaya kita jangan hanya mengejar posisi, tapi kejarlah kontribusi.

Pilmapres tingkat fakultas dilakukan melalui 2 tahap, yaitu tahap seleksi awal (administrasi) dan tahap presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan kemampuan Bahasa Inggris. Tema untuk tahun ini adalah “Sustainable development Goals”. Peserta yang mendaftar Pilmapres tingkat Fakultas MIPA 17 orang. Peserta yang lolos melalui seleksi awal 15 orang, tetapi pada hari pelaksanaan presentasi, satu peserta tidak hadir. Peserta yang terpilih sebagia juara pertama, Rizky Mutiara Adithama dari Jurusan Biologi, dengan makalah berjudul “Geobacter; Sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) Sumatera Selatan”. Juara kedua diraih oleh Kristina dari Jurusan Fisika dengan makalah berjudul “Pemanfaatan Biodoesel Mikroalga Sebagai Sumber Bahan Bakar di Indonesia”. Sedangkan juara ketiga dan harapan I kembali diraih oleh Jurusan Biologi, masing-masing atas nama Sinta Damayanti dan Angga Puja Asiandu. Sinta memaparkan makalah berjudul “Aplikasi Go-Plant Sebagai Alat Pengenalan Biodiversitas Flora Indonesia” dan makalah Angga berjudul “Minanera : Minuman Herbal Antikanker Payudara Dari Daun Jambu Biji (Psidium guajava Linn.) dan Rimpang Kunyit (Curcuma longa Linn.) Sebagai Tindakan Breast Cancer Care”.

Juara satu pilmapres nantinya akan mewakili Fakultas MIPA pada pilmapres tingkat Universitas Sriwijaya. Pilmapres Unsri akan diikuti oleh juara satu dari masing-masing fakultas yang ada. @chn