English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Dosen CPNS Melakukan Evaluasi Standar Pembuatan & Penilaian Soal Ujian di Jurusan Farmasi Oleh Tim EMI Fakultas MIPA

Selasa, 19 Juli 2022 – kedua dosen CPNS yaitu Viva Starlista, M.Pharm.Sci., Apt dan Rennie Puspa Novita, M.Farm.Klin., Apt dalam tugas Aktualisasi Latihan Dasar CPNS yang dihadiri oleh Dekan FMIPA, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FMIPA, Ketua EMI FMIPA, dan Ketua Jurusan Farmasi untuk melakukan evaluasi standar pembuatan dan penilaian ujian pada bidang manajemen farmasi dan farmakologi bersama.

Standar pembuatan soal ujian ini berisikan mengenai pembuatan dan penilaian soal ujian. Bagian pertama memuat pembuatan soal ujian yang terdiri dari pengertian ujian, pembuatan soal ujian, pelaksanaan peer review, waktu pelaksanaan peer review, dan hasil ujian. Bagian kedua memuat tentang penilaian soal ujian yang terdiri dari prinsip penilaian, instrumen penilaian, teknik penilaian, mekanisme penilaian, sistem penilaian, pengulangan mata kuliah dan perbaikan nilai.

Dosen CPNS juga menyusun Prosedur Operasional Standar Pembuatan dan Penilaian Soal UTS dan UAS mahasiswa di kedua bidang tersebut. Dalam standar pembuatan soal ujian ini penyusunannya dikerjakan oleh tim bidang manajemen farmasi dan farmakologi yang disusun oleh dosen CPNS yang sedang mengikuti Latsar Kemendikbud tahun 2022. Hal ini merupakan aktualisasi yang telah disetujui oleh mentor, coach dan penguji pada saat pemaparan proposal rancangan aktualisasi pada saat latsar. Standar pembuatan soal ujian ini divalidasi oleh EMI (Evaluasi Mutu Internal) FMIPA bagian dari LP3MP (Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan) UNSRI. Selain itu, standar ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pembuatan soal ujian dilingkungan Jurusan Farmasi FMIPA UNSRI.