English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Rektor Unsri Kukuhkan Prof. Hermansyah, S.Si., M.Si., Ph.D Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kimia

Unsri melaksanakan pengukuhan Guru Besar Universitas Sriwijaya Prof. Hermansyah, S.Si., M.Si., Ph.D dalam jabatan Guru Besar bidang Ilmu Kimia pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unsri bertempat di Aula Pasca Sarjana, Rabu (2/3/2022).

Prof Hermansyah dalam pidato pengukuhannya berjudul “Eksplorasi Yeast Untuk Produksi Bioetanol” memaparkan bahwa dalam bidang bioeteknologi, yeast menjadi salah satu mikrooganisme yang banyak digunakan dalam berbagai keperluan pada industri dan penelitian. “Yeast salah satu mikroorganisme yang termasuk dalam golongan fungsi yang merupakan organisme uniseluler yang secara konvensional digunakan dalam proses fermentasi pada pembuatan minuman beralkohol sejak dahulu,” ujar Prof Hermansyah dalam paparannya.

Dirinya menyebutkan seiring kemajuan bioteknologi modern, yeast telah berkembang untuk diaplikasikan dalam berbagai keperluan yaitu, produksi bioethanol dari substrat generasi pertama, kedua, ketiga. Produksi metabolit chemical sederhana seperti asam rantai pendek maupun senyawa kompleks yang digunakan dalam obat-obatan. Selanjutnya protein recombinant untuk produksi berbagai enzim, vaksin. Kemudian model organisme untuk studi mekanisme seluler.

Rektor Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU., ASEAN. Eng. mengatakan dengan bertambahnya satu Guru Besar, maka jumlah Guru Besar di Universitas Sriwijaya menjadi 135 Guru Besar, sedangkan yang aktif saat ini berjumlah 66 Guru Besar.

Rektor juga berharap dengan dikukuhkan Hermansyah menjadi guru besar dapat jadi triger bagi yang lain untuk menjadi guru besar.

“Tren budaya Timur, untuk menjadi guru besar itu kalau sudah tua. Budaya itu harus diubah, lebih cepat itu lebih bagus, ” paparnya.