English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese

Pemilihan Bujang Gadis FMIPA Universitas Sriwijaya 2019

Palembang (4/05/2019) – Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya telah berdiri sejak Tahun 1989. Pada tahun 2019 FMIPA Unsri genap berusia 30 Tahun dan akan menyelenggarakan kegiatan LUSTRUM VI FMIPA UNIVERSITAS SRIWIJAYA dengan Tema Kegiatan “SATUKAN LANGKAH UNTUK FMIPA UNGGUL”. Kegiatan tersebut diselenggarakan mulai tanggal 22 Oktober 2018 sampai 22 Oktober 2019. Salah satu agenda penting rangkaian acara tersebut adalah “Bujang Gadis FMIPA Unsri 2019”.

Bujang Gadis FMIPA Universitas Sriwijaya merupakan kegiatan kemahasiswaan yang tahun ini perdana dilaksanakan dan direncanakan akan menjadi agenda tahunan Fakultas MIPA. Kegiatan ini dapat menjadi salah satu sarana menyalurkan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa Fakultas MIPA. Selain itu, BGFMIPA merupakan duta bagi Fakultas MIPA yang diharapkan mampu memperkenalkan FMIPA Unsri pada tingkat regional maupun nasional dengan tagline “Scientist for Smart Future”. Sebagai seorang duta kampus, BGFMIPA harus menghasilkan civitas akademika yang bermartabat, berbudaya, dan berkepribadian untuk meningkatkan prestasi di bidang akademik dan non akademik. Maka dari itu perlu dilakukan seleksi khusus yang telah dimulai sejak Tanggal 22 April 2019 hingga Grand Final yang telah dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pascasarjana Unsri pada Hari Sabtu, 4 Mei 2019.

Kegiatan seleksi diawali dengan seleksi administrasi, tertulis, dan wawancara yang telah diikuti oleh 42 peserta dari seluruh jurusan yang berada di lingkungan FMIPA Unsri. Tahap penyisihan menjaring 20 peserta terbaik sebagai Finalis BGFMIPA Unsri yang terdiri dari 10 orang laki-laki (bujang) dan 10 orang perempuan (gadis). Para finalis selanjutnya wajib mengikuti kegiatan karantina yang telah dilaksanakan selama 7 hari. Pada kegiatan karantina ini finalis diberikan materi mengenai organisasi, kebudayaan, etika, dll dari narasumber yang berkompeten diantaranya Ikatan Bujang Gadis Kampus Sumsel, Ikatan Bujang Gadis Unsri, Cek Bagus dan Cek Ayu, BEM FMIPA, serta Pageant Coach yang sudah berpengalaman yaitu Andri, S.Pd (Abang Acuy).

Grand Final BGFMIPA dilaksanakan dengan sangat meriah dengan mengundang seluruh duta kampus di Sumsel. Pada grand final dilakukan penjurian tahap akhir oleh juri-juri berkompeten yaitu perwakilan dari FMIPA Bapak Drs. Muhammad Irfan, MT (Juri bidang kepemimpinan) dan Ibu Novi Rustian Dewi, M.Si (juri bidang kepribadian). Perwakilan pageant yaitu Tiara Aqsa Srikandi (Ikatan Bujang Gadis Unsri/juri bidang Pengetahuan Umum), Anindya Putri Meylend (Ikatan Bujang Gadis Kampus Sumsel/juri bidang Organisasi), dan Calista Zahra Aidi (Miss Grand DI Yogyakarta 2018/juri bidang kebudayaan). Berdasarkan hasil penilaian oleh dewan juri diumumkan gelar yang diraih oleh para peserta sebagai berikut:

 

BUJANG FMIPA: M. CAHYADI FIRDAUS (Ilmu Kelautan)

GADIS FMIPA: NYIMAS NABILLA (Ilmu Kelautan)

Wakil 1 Bujang: MAIL MAULANA (Biologi)

Wakil 1 Gadis: ELIANTINA AVIANTI (Fisika)

Wakil 2 Bujang: M. FANI BRAHMANTIO (Ilmu Kelautan)

Wakil 2 Gadis: ARCELLA LA JUNI (Kimia)

Harapan 1 Bujang: RIO WAHYU HIDAYAT (Biologi)

Harapan 1 Gadis: Ayu Yuliana (Kimia)

Harapan 2 Bujang: Al Khalil Gibran (Fisika)

Harapan 2 Gadis: Permata Setiawati (Kimia)

Harapan 3 Bujang: Fahri Reza (Fisika)

Harapan 3 Gadis: Adhestiasih PJ (Biologi)

Bujang Berbakat: Akmal Jamali (Matematika)

Gadis Berbakat: Fhibi Firnanda (Biologi)

Bujang Fotogenik: Deki Siantori (Ilmu Kelautan)

Gadis Fotogenik: Fitria Anggraini (Farmasi)

Bujang Persahabatan: Randy Fadhillah (Fisika)

Gadis Persahabatan: Dini Fathia (Ilmu Kelautan)

Bujang Favorit: Nimyo Win Pe (Kimia)

Gadis Favorit: Putri Nandita (Kimia)

 

Penyerahan tropi dan hadiah kepada Pemenang 1 Bujang Gadis FMIPA mewakili Dekan FMIPA, Prof.Dr. ISkhaq Iskandar dilakukan oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni Hermansyah, S.Si., M.Si., Ph.D. yang didampingi oleh ketua jurusan ilmu kelautan Tengku Zia Alqodri, S.T., M.T., PhD. dan sekretaris Dr. Riris Aryawati, M.T. Seluruh rangkaian acara BGFMIPA diselenggarakan atas dukungan dari Fakultas MIPA dan seluruh sponsor. Ucapan terima kasih diberikan kepada LPMGS Gelora Sriwijaya, Momea FM, MASSAL, dan Sumsel Pageant selaku media partner. Ucapan terima kasih juga diberikan kepada Dimsumcek, Beau Clat, Camilan Apik, Nasi Bakar Omah, Indah Donat, Sanggar Symphony, Selempang Kito, JMS Florist, Jajanan Kito, Temtem Snack, KXBO Store, Dapur Neysha, Ayam Saos Palembang, Ayam Bebek Pak Bos, Tie Thai Tea, Ayam Tumbuk Pak Ahmad, Mie Ayam Pelakor Dila, A2 Room, Bunda Rayya, IM3 Ooredoo, Sari Pasundan, Pixy, Gatsby, dan Alvaro Studio.