Seminar dan Pameran Pendidikan Program Magister (S2) dan Doktor (S3) Ilmu MIPA

Sabtu (25/2/2017), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyelenggarakan seminar dan pemeran pendidikan serta hasil penelitian program magister (S2) dan doktor (S3) Ilmu MIPA di gedung pascasarjana Universitas Sriwijaya. Acara tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan program magister dan doktor (S3) kepada masyarakat. Tema yang diangkat yaitu peningkatan pendidikan ilmu MIPA dalam manajemen sumberdaya alam dan lingkungan.

Hadir dalam seminar Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Selatan, Dr. H. Yaswardi, M.Si sekaligus menjadi keynote speaker. Dalam paparannya, ketua LPMP banyak membahas peluang para peserta ketika mereka mempunya gelar magister (S2) ataupun doktor (S3). Selain itu juga banyak memotivasi peserta yang kebanyakan adalah tenaga pendidik untuk meningkatkan profesionalisme dalam bekerja.

Sesi diskusi panel disampaikan Prof. Dr. Hilda Zulkifli (mantan Direktur Pascasarjana), Prof. Dr. Aldes Lesbani (guru besar bidang kimia) dan Prof. Dr Iskhaq Iskandar, M.Sc(guru besar bidang fisika). Para peserta tampak antusias dalam mengikuti sesi diskusi ini. Prof Hilda banyak memberikan pengarahan tentang syarat dan ketentuan mendaftar program magister (S2) dan doktor (S3). Selain itu juga disampaikan tentang aturan pemerintah yang mengatur tentang pelaksanaan program tersebut. Sedangkan Prof Iskhaq memberikan pengetahuan tentang dunia sains yang nantinya akan dipelajari di program magister (S2) dan doktor (S3). Dan Prof Aldes mengarahkan peserta dalam pembuatan jurnal ilmiah.

Beberapa peserta menanyakan tentang biaya pendidikan magister (S2) dan doktor (S3) termasuk kesempatan untuk mendapatkan bantuan beasiswa. Menurut Prof Aldes, salah satu solusi mengatasi biaya pendidikan adalah dengan mengikuti proyek dosen. Sampai saat ini, Fakultas MIPA memiliki 3 (tiga) program magister (S2) dan 1 (satu) program doktor (S3). Program magister (S2) meliputi Program Studi Fisika, Program Studi Magister Biologi dan Program Studi Magister Kimia. Sedangkan program doktor (S3) yaitu Program Studi Ilmu MIPA. (@chn)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *