Program Studi S3 MIPA

Visi:

Menjadi Program Doktor Ilmu MIPA yang dikenal baik secara internasional dan unggul secara nasional dalam riset bidang energi, lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam serta menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional dan bermartabat.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan doktor Ilmu MIPA yang menghasilkan lulusan yang mampu menguasai filsafat keilmuan MIPA serta mampu menerapkan teori disiplin lain yang relevan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Ilmu MIPA untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan energi, lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam.

Tujuan:

  1. Meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan program pascasarjana berbasis riset untuk menghasilkan lulusan yang memiliki prilaku, sikap mental, etika profesi, pengetahuan, ketrampilan, kreativitas, dan kepemimpinan yang unggul, serta bijaksana dalam menyelesaikan masalah.
  2. Meningkatkan kualitas dan relevansi penelitian yang bertaraf internasional dan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan layanan dalam mendukung mutu program studi sebagai bagian dari universitas riset.

Kompetensi Lulusan:

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan metodologi ilmu MIPA yang menjadi spesialisasinya atau praktek profesionalnya melalui riset eksperimen, deduktif teoritis, atau komputasi simulatif yang  inovatif melalui pendekatan secara interdisiplin atau multidisiplin atau transdisiplin dengan menghasilkan karya ilmiah bidang ilmu MIPA yang teruji dan orisinal.
  2. Mampu memecahkan permasalahan IPTEKS atau permasalahan ilmu MIPA yang kompleks dengan memunculkan solusi terkini melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin atau transdisiplin baik melalui riset dan pengembangan maupun pendekatan ilmiah secara analisis dan sintesis.
  3. Menguasai filsafat ilmu pengetahuan MIPA, teori fenomologis klasik, perkembangan teori ilmu MIPA termaju dan terkini serta penerapan teori disiplin lain yang relevan.

Mahasiswa yang tidak sebidang (di luar bidang Ilmu MIPA) diharuskan mengikuti matrikulasi selama satu semester setara dengan 12 sks yang terdiri dari mata kuliah Matematika Dasar, Fisika Dasar, Kimia Dasar dan Biologi Dasar yang masing-masing berbobot  3 sks.