Program Studi S2 Fisika

VISI

Menjadikan Program Studi S2 Fisika Universitas Sriwijaya sebagai salah satu penyelenggara pendidikan pascasarjana bidang ilmu fisika berbasiskan keilmuan dan riset yang unggul baik di tingkat nasional maupun internasional dalam bidang teori, komputasi, sains material, eksplorasi sumber daya alam, dan mitigasi bencana alam, serta pengajaran fisika di tahun 2020.

MISI

Misi penyelenggaraan Program Studi S2 Fisika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pengajaran dan pendidikan fisika yang akuntabel untuk menghasilkan tenaga yang profesional serta mampu bersaing secara global.
  2. Mengembangkan berbagai gagasan baru dan orisinal sebagai kontribusi bagi perkembangan ilmu fisika dan terapannya melalui berbagai kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah.
  3. Mengupayakan penerapan dan transformasi berbagai gagasan inovatif dalam bidang ilmu fisika dan terapannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  4. Melaksanakan kerjasama institusional dengan berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri dalam bidang pendidikan/pengajaran, riset dan penerapannya untuk pengembangan sumberdaya manusia dan alam.

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan Program Studi S2 Fisika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya adalah:

  1. Menghasilkan lulusan bertaraf Magister (S2) Fisika yang bertaqwa dan siap berperan di masyarakat, pemerintahan, dan industri, serta memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan inovatif dalam hal pengelolaan dan pengembangan potensi SDA dan mitigasi bencana alam.
  2. Menghasilkan berbagai produk riset keilmuan dan aplikasi fisika yang berorientasi pada pengelolaan SDA dan mitigasi bencana alam.
  3. Meningkatkan kolaborasi institusional dalam pengembangan dan penerapan ilmu fisika baik dalam maupun luar negeri

PENGELOLAAN

Pengelolaan program studi dilaksanakan oleh Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya berkoordinasi dengan Fakultas, jurusan, dan unit kerja terkait lainnya di lingkungan Universitas Sriwijaya. Segala bentuk kegiatan dalam rangka penyelenggaraan pendidikan harus dilakukan sesuai aturan, pedoman dan prosedur yang berlaku dan/atau ditetapkan oleh Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya.

KURIKULUM

Program Studi S2 Fisika memiliki 4 (empat) bidang kajian utama (BKU) yaitu:

  1. Geofisika
  2. Fisika Material
  3. Fisika Teori dan Komputasi
  4. Pengajaran Fisika

Setiap mahasiswa diwajibkan menempuh dan menyelesaikan beban studi minimal 42  SKS