Program Studi S1 Kimia

SEJARAH 

Jurusan Kimia FMIPA UNSRI didirikan dengan No.SK 15/DIKTI/Kep/1989, 6 Maret 1989. Dalam usia yang relatif muda ini Jurusan telah punya landasan yang kokoh untuk pengembangan selanjutnya. Landasan ini dibentuk dengan adanya bantuan-bantuan yang diperoleh sebelumnya seperti DUE-Like (berakhir tahun 2003), HEDS Project dan PHK A2 (2004 – 2006). Jurusan Kimia Dipimpin oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan dengan dibantu 7 kepala laboratorium. Dibidang administrasi jurusan mempunyai 3 orang pegawai, dan 4 orang laboran. Transparansi dan pengelolaan Jurusan di kontrol melalui rapat jurusan yang diadakan sekali sebulan dengan melibatkan seluruh staf dosen dan karyawan. Saat ini Jurusan Kimia punya 35 staf yang semuanya relatif muda dan bergelar S2 dan S3 dari dalam maupun luar negri. Ada 12 orang staf dosen bergelar S3 di dalam maupun luar negeri dan 14 orang bergelar S2 sedangkan 9 orang saat ini sedang menempuh pendidikan doktor di dalam dan luar negeri. Jurusan Kimia mempunyai 7 laboratorium; 5 untuk pendidikan; 1 untuk penelitian dan 1 untuk pelayanan.

Visi

Menjadi Jurusan Kimia terkemuka berbasis riset dalam bidang energi, lingkungan dan pengelolaan sumberdaya alam pada tahun 2025.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan Kimia yang menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang kimia, berakhlak tinggi serta mampu mengembangkan kemampuan diri terhadap tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Kimia untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan energi, lingkungan dan bahan alam baik ditingkat lokal maupun nasional.
Mengimplementasikan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Mengoptimalkan sumber daya manusia dan sarana prasarana bagi kepentingan masyarakat
Tujuan

Menghasilkan sarjana Kimia yang berkompeten dan berakhlak mulia
Menghasilkan produk penelitian dibidang energi, lingkungan dan bahan alam yang dapat dijadikan rujukan dalam pemecahan masalah secara lokal maupun nasional.
Menghasilkan penelitian dibidang Kimia yang dapat diimplementasikan kepada masyarakat
Memberikan pelayanan dan kerjasama tenaga ahli, analisis laboratorium dan konsultasi dibidang Kimia kepada masyarakat.
Untuk pencapaian tujuan tersebut maka Jurusan Kimia menetapkan Strategi Pencapaian sebagai berikut;

Kurikulum dievaluasi setiap 5 tahun sekali, disertai rancangan kegiatan ekstrakurikuler untuk pendidikan soft skill
Memberi pelatihan-pelatihan kepada mahasiswa tingkat akhir untuk menambah keterampilan khusus di bidang kimia dan soft skill
Menyelenggarakan pertemuan dengan alumni dan stakeholders secara reguler untuk memperoleh feedback dalam pemgembangan kurikulum
Mengaktifkan website Jurusan Kimia sebagai sarana komunikasi internal maupun eksternal
Meningkatkan kinerja laboratorium dengan melengkapi sarana dan prasarana.
Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi hasil penelitian di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional
Secara aktif melakukan kerjasama penelitian, implementasi hasil penelitian dengan pihak eksternal
Mengimplementasikan ICT untuk meningkatkan efisiensi managemen Jurusan Kimia
Meningkatkan kemampuan tenaga administrasi melalui pelatihan-pelatihan
Menata administrasi laboratorium berdasarkan standar ISO 17025


Sasaran

1. Lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang Kimia dan mempunyai jiwa wirausaha sehingga mampu bersaing di dunia kerja dengan spesifikasi :

IPK > 3,00 dan meningkat sebesar 0,05 setiap tahunnya
Masa studi tepat waktu (8 semester)
Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris (TOEFL 450)
Menguasai aplikasi komputer dan teknologi informasi (aplikasi perkantoran,
pengolah data statistik dan jejaring sosial berbasis internet)

Mempunyai kemampuan dalam berwirausaha dengan dibuktikan 4 sertifikat
kelulusan pelatihan kewirausahaan dan soft skills.

2. Suasana akademik yang mendukung dalam pengembangan keilmuan yang ditandai dengan peningkatan jumlah penelitian yang didanai oleh Dikti maupun kerjasama dengan instansi lain. Diseminasi hasil penelitian juga perlu ditingkatkan sehingga setiap tahun, masing-masing dosen mempunyai publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional maupun seminar internasional. Di sisi mahasiswa, diharapkan terdapat peningkatan jumlah proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang berhasil didanai oleh Dikti.

Dana penelitian mencapai Rp. 20.000.000,- per dosen per tahun
Publikasi ilmiah sebanyak 6 tulisan pada jurnal nasional terakreditasi, 15 makalah disajikan pada seminar nasional dan 2 makalah disajikan pada seminar internasional setiap tahunnya.
Terdapat 15 judul proposal PKM setiap tahun dan 50 persen diantaranya didanai oleh Dikti.

 

http://kimia.mipa.unsri.ac.id/