Program Studi S1 Ilmu Kelautan

Sejarah

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau dengan garis pantai sepanjang 81.000 Km dan luas perairan laut mencapai 5,8 juta Km2 (3,1 juta km2 perairan Territorial dan 2,7 juta Km2 Perairan ZEE), sedangkan Sumatera Selatan memiliki potensi perikanan laut sebesar 144.373 Ha. Dengan realitas fisik ini, maka jelas bahwa Indonesia umumnya dan Sumatera Selatan khususnya memiliki potensi sumber daya kelautan yang besar, dan sekaligus merupakan tantangan dan masalah yang sangat esensial sebagai tumpuan pembangunan.
Dalam upaya memenuhi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kelautan, maka UNSRI merasa perlu membangun dan memantapkan peran serta dalam penyiapan SDM kelautan melalui pembentukan dan pengembangan Program Studi Ilmu Kelautan sehingga diharapkan mampu menghasilkan sarjana-sarjana yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam Pengelolaan Sumber Daya Laut.
Program studi Ilmu Kelautan berdiri dan memulai perkuliahan pada tanggal 30 Agustus 2001 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sriwijaya. Dengan Nomor SK DIKTI : 2181/D/T/2006.

 

Dalam Perkembangannya Program Studi Ilmu Kelautan memiliki visi dan misi sebagai berikut:

 

VISI :
“Menjadikan Program Studi Ilmu Kelautan sebagai program studi berbasis riset yang unggul dalam bidang sains dan teknologi kelautan pada tahun 2025.”

MISI :

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa dan dapat menerapkan sains dan teknologi dalam bidang kelautan untuk kesejahteraan bangsa.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang sains dan teknologi kelautan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang sains dan teknologi kelautan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sains dan teknologi kelautan
  5. Menerapkan sains dan teknologi bidang kelautan yang bermanfaat bagi masyarakat

web: http://ikl.mipa.unsri.ac.id